ALASAN DAN MANFAAT BERORGANISASI





Disampaikan Pada Forum Diskusi Antar Pelajar Se-Kec. Pragaan
Tanggal 09 februari 2014
Oleh : Mufti Ali (Sekretaris PAC Pragaan Sumenep)


·         Mengapa berorganisasi?
◘ Organisasi adalah pasword persaudaraan.
◘ Organisasi aktualisasi diri.
◘ Organisasi membuatmu cerdas
◘ Organisasi membuatmu komunikatif
◘ Untuk mencapai tujuan yang lebih besar.
·         Apa manfaat berorganisasi?
◘ Menumbuhkan kedewasaan.
◘ Menempa sikap kepemimpinan.
◘ Melatih tanggungjawab.
◘ Melatih mentransformasikan ide.
◘ Melatih untuk menggerakkan masa.
◘ Melatih untuk berkomunikasi dan mengemas gagasan.
◘ Melatih kreatifitas dan kepekaan sosial.
◘ Melatih untuk menipiskan egoisme.
◘ Melatih menghadapi tantangan dan problematika.
◘ Melatih bekerja sama.
◘ Melatih bekerja dengan sistem.
◘ Melatih keberanian/mental berekspresi.
ANALOGI ORGANISASI
● Organisasi seperti dirimu sendiri: Maksudnya? Sebagai manusia, kamu pasti punya unsur-unsur: identitas (AD/ART), punya cita-cita dan tujuan hidup (Visi Misi), punya strategi bagaimana meraih cita-cita itu (Strategi Organisasi), butuh berkenalan dengan orang lain (Membangun relasi), punya sejarah (Rekam Jejak), punya masalah (Manajemen Konflik), ingin punya keturunan/generasi penerus (Pengkaderan), dan seterusnya. Bedanya, dalam dirimu semua ini terkadang berjalan apa adanya dan tanpa disadari. Apalagi dibukukan dalam misalnya: Diary. Nah, dalam organisasi, semuanya diatur secara jelas dan didokumentasikan dengan rapih. Kalau kamu paham bagaimana berorganisasi sebenarnya itu juga bermanfaat untuk memenej dirimu sendiri.
● Organisasi adalah kampus kedua (the second campus): jangan salah! Organisasi itu seprti kampusmua juga. Kamu belajar banyak di sini. Pelajaran memimpin, pelajaran mengatur emosi, pelajaran mengatasi masalah, pelajaran bertanggungjawab, pelajaran membuat perencanaan, pelajaran mengorganisir kegiatan, pelajran mengadak event-event tertentu, pelajaran bagaimana bekerja dengan sistem, dan masih banyak lagi. Skripsinya apa? Skripsi organisasi adalah kemampuan kamu membuat proposal.
DEFINISI ORGANISASI
● Menurut Stoner: Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan dimana di dalamnya ada beberapa orang yang berada dalam pengarahan manajer tertentu untuk mengejar tujuan bersama.
● Menurut James D. Mooney: Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
● Menurut Chester I. Bernard: Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
● Menurut Drs. EK Imam Munawir: Organisasi adalah merupakankerja sama di antara beberapa orang untuk mencapai suatu tujuandengan mengadakan pembagian dan peraturan kerja.
ORGANISASI FORMAL DAN ORGANISASI INFORMAL
● Organisasi Formal: Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.
● Organisasi Informal: Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.

UNSUR-UNSUR ORGANISASI
Visi :adalah cita-cita umum yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi.
Misi: Target-target khusus (target yang lebih spesifik) dari sebuah oragnisasi.
GBHO: adalah panduan umum bagaimana organisasi ini haru bergerak.
GBPK: adalah panudan umum bagaimana program kerja itu diarahkan.
Anggaran Dasar (AD) adalah: aturan menyangkut identitas organisasi.
Anggaran rumah tangga (ART) adalah: aturan yang menyangkut identitas organisasi yang sifatnya lebih spesifik.
● Struktur organisasi
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.
● Bagan Organisasi
Bagan organisasi adalah suatu gambar struktur organisasi yang formal, dimana dalam gambar tersebut ada garis-garis (instruksi dan koordinasi) yang menunjukkan kewenangan dan hubungan komunikasi formal, yang tersusun secara hierarkis.
Model Kebijakan:
Sentralisasi dan desentralisasi: Sentralisasi dan desentralisasi ini berkaitan dengan letak pengambilan keputusan. Dalam struktur organisasi yang disentralisasikan, pengambilan keputusan dilakukan oleh para pimpinan puncak saja. Dalam dsentralisasi, kekuasaan pengambilan keputusan didelegasikan kepada individu-individu pada tingkat-tingkat manajemen menengah dan menengah bawah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PO IPNU

KEANGGOTAAN

Kepanitian Kegiatan IPNU dan organisasi Lain