ALASAN DAN MANFAAT BERORGANISASI
Disampaikan
Pada Forum Diskusi Antar Pelajar Se-Kec. Pragaan
Tanggal 09
februari 2014
Oleh : Mufti Ali (Sekretaris PAC Pragaan Sumenep)
·
Mengapa
berorganisasi?
◘ Organisasi adalah pasword persaudaraan.
◘ Organisasi aktualisasi diri.
◘ Organisasi membuatmu cerdas
◘ Organisasi membuatmu komunikatif
◘ Untuk mencapai tujuan yang lebih besar.
·
Apa
manfaat berorganisasi?
◘ Menumbuhkan kedewasaan.
◘ Menempa sikap kepemimpinan.
◘ Melatih tanggungjawab.
◘ Melatih mentransformasikan ide.
◘ Melatih untuk menggerakkan masa.
◘ Melatih untuk berkomunikasi dan mengemas gagasan.
◘ Melatih kreatifitas dan kepekaan sosial.
◘ Melatih untuk menipiskan egoisme.
◘ Melatih menghadapi tantangan dan problematika.
◘ Melatih bekerja sama.
◘ Melatih bekerja dengan sistem.
◘ Melatih keberanian/mental
berekspresi.
ANALOGI
ORGANISASI
● Organisasi seperti dirimu sendiri: Maksudnya? Sebagai
manusia, kamu pasti punya unsur-unsur: identitas (AD/ART), punya cita-cita dan
tujuan hidup (Visi Misi), punya strategi bagaimana meraih cita-cita itu
(Strategi Organisasi), butuh berkenalan dengan orang lain (Membangun relasi),
punya sejarah (Rekam Jejak), punya masalah (Manajemen Konflik), ingin punya
keturunan/generasi penerus (Pengkaderan), dan seterusnya. Bedanya, dalam dirimu
semua ini terkadang berjalan apa adanya dan tanpa disadari. Apalagi dibukukan
dalam misalnya: Diary. Nah, dalam organisasi, semuanya diatur secara jelas
dan didokumentasikan dengan rapih. Kalau kamu paham bagaimana berorganisasi
sebenarnya itu juga bermanfaat untuk memenej dirimu sendiri.
● Organisasi adalah kampus kedua (the second
campus): jangan salah! Organisasi itu seprti kampusmua juga. Kamu belajar
banyak di sini. Pelajaran memimpin, pelajaran mengatur emosi, pelajaran
mengatasi masalah, pelajaran bertanggungjawab, pelajaran membuat perencanaan,
pelajaran mengorganisir kegiatan, pelajran mengadak event-event tertentu,
pelajaran bagaimana bekerja dengan sistem, dan masih banyak lagi. Skripsinya
apa? Skripsi organisasi adalah kemampuan kamu membuat proposal.
DEFINISI ORGANISASI
● Menurut Stoner: Organisasi adalah suatu pola
hubungan-hubungan dimana di dalamnya ada beberapa orang yang berada dalam
pengarahan manajer tertentu untuk mengejar tujuan bersama.
● Menurut James D. Mooney: Organisasi adalah bentuk
setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
● Menurut Chester I. Bernard: Organisasi merupakan suatu
sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
● Menurut Drs.
EK Imam Munawir: Organisasi adalah merupakankerja sama di
antara beberapa orang untuk mencapai suatu tujuandengan
mengadakan pembagian dan peraturan kerja.
ORGANISASI FORMAL DAN ORGANISASI INFORMAL
● Organisasi Formal: Organisasi formal adalah kumpulan
dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama
secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.
● Organisasi Informal: Organisasi informal adalah
kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta
tujuan bersama yang tidak disadari.
UNSUR-UNSUR ORGANISASI
●Visi :adalah cita-cita umum yang ingin dicapai oleh sebuah
organisasi.
●Misi: Target-target khusus (target yang lebih
spesifik) dari sebuah oragnisasi.
●GBHO: adalah panduan umum bagaimana organisasi ini
haru bergerak.
●GBPK: adalah panudan umum bagaimana program kerja itu
diarahkan.
●Anggaran Dasar (AD) adalah: aturan
menyangkut identitas organisasi.
●Anggaran rumah tangga (ART) adalah: aturan yang
menyangkut identitas organisasi yang sifatnya lebih spesifik.
● Struktur organisasi:
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit
kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja
dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang
berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur
organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran
perintah dan penyampaian laporan.
● Bagan Organisasi:
Bagan organisasi adalah suatu gambar struktur organisasi yang
formal, dimana dalam gambar tersebut ada garis-garis (instruksi dan koordinasi)
yang menunjukkan kewenangan dan hubungan komunikasi formal, yang tersusun
secara hierarkis.
●Model Kebijakan:
Sentralisasi dan desentralisasi: Sentralisasi dan
desentralisasi ini berkaitan dengan letak pengambilan keputusan. Dalam
struktur organisasi yang disentralisasikan, pengambilan keputusan dilakukan
oleh para pimpinan puncak saja. Dalam dsentralisasi, kekuasaan pengambilan
keputusan didelegasikan kepada individu-individu pada tingkat-tingkat manajemen
menengah dan menengah bawah.

Komentar
Posting Komentar